Kesehatan

Rabu, 14 Desember 2011

Obat Asli Indonesia (2)

Pada postingan pertama baru saya urai untuk adas dan alang-alang. Hari ini kembali akan saya urai beberapa tumbuhan yang bermanfaat untuk kesehatan.
1.Bawang Merah (Allium ascalonikum Linn )
 Bawang merah atau brambang kata orang  Jawa Tengah ,tentu anda semua sudah tahu bagaimana ciri-cirinya ,apalagi bagi yang suka masak.Karena ini termasuk bahan untuk bumbu dapur.
Tumbuhan ini mempunyai kandungan zat kalsium dan vitamin B1.

Adapun manfaat dari bawang merah adalah dapat untuk meringankan batuk ,masuk angin ,sariawan dan bengkak ,hanya saja dalam bentuk ramuan.

2.Beluntas (Pluchea Indica Less )
  Tumbuhan ini banyak tumbuh di hutan dan ladang , dan banyak juga ditanam oarang sebagai pagar hidup.Ciri-cirinya punya cabang banyak ,daun lonjong berseling dan bertangkai pendek.Merupakan jenis tumbuhan perdu.dengan tinggi hingga 2 meter.
  Manfaat tumbuhan ini bisa untuk meringankan demam ,tidak teratur datang haid ,dan mengurangi bau keringat. denagn memakan daunnya .
3.Bengle ( Zingiber cassumunar Roxb )
Adalah jenis tumbuhan   berbatang basah dengan tinggi sampai 1,5 meterdan banyak ditanam orang dipekarangan rumah .

Kandungan yang ada padanya yaitu ;
  sineol ,pinnen dan sesguiterpen ,gom ,mineral dan albuminoid.
Sedangkan manfaat yang bisa kita ambil daripadanya yaitu untuk meringankan kepala pusing ,sembelit ,masuk angin dan perut nyeri. yaitu dengan memanfaatkan umbinya dalam ramuan.
4.Jahe atau Halia (Zingiber officinale Rose )
Nama tumbuhan ini tentu sudah sangat familier buat para pembaca, karena selain untuk obat jahe juga merupakan bumbu dapur dan bahan untuk membuat minuman.
Ciri-cirinya adalah tumbu han berbatang basah   dengan tinggi hingga 0,75 meter .Daunnya berbentuk bulat panjang dan bunganya berbentuk bulir.Biasa tumbuh didaerah dengan tanah yang lembab tapi cukup sinar matahari.

Zat yang terkandung didalamnya yaitu ;zat merah (Gingerol ) ,bau manis rasa pedas (zingeron ) ,Zingiberol ,zingi berin ,borneol ,kamfen ,sineol dan,fellandren .
Manfaat nya yaitu untuk mengatasi kurang nafsu makan ,kepala pusing ,encok ,batuk kering dan lain -lain.


Saya rasa cukup dulu untuk tulisan kali ini .Untuk tanaman lain nanti akan dilanjut pada postingan berikutnya.
Semoga bermanfaat untuk sahabat semua.











Tidak ada komentar: