Kesehatan

Selasa, 03 April 2012

Manfaat Arang untuk Kesehatan

Arang ? Siapa yang tidak tahu dengan si hitam ini.Sekalipun saat ini yang memakainya kebanyakan hanya tukang sate atau ayam bakar saja ,tapi saya yakin sahabat semua pasti tahu bagaimana bentuk arang.Dulu waktu saya kecil arang sering dipakai buat menyetrika pakaian,pakai gosokan yang ada kepala jago  : ) kalau anak sekarang pasti sudah gak tahu.,ya to.

Setelah beberapa hari yang lalu saya sampaikan mengenai Belajar dari Pohon,maka sekarang akan saya bahas sisa pembakaran dari pohon yaitu arang.

Melihat bentuknya sepertinya sepele,dan gak ada gunanya.Namun ternyata dibalik itu arang punya manfaat yang begitu besar .Selain untuk bahan bakar arang sangat bermanfaat untuk kesehatan kita.

Tentu sahabat semua paham bahwa sekarang ini ,tingkat polusi didunia makin tinggi .Sehingga sadar atau tidak tiap hari kita telah memasukkan berbagai bahan kimia dalam tubuh ,yang mana bahan -bahan itu akan mengganggu kesehatan,dan juga mungkin akan membuat kita cepat tua  : (  .

Nah disinilah letak kelebihan arang..Benda ini adalah bahan yang mampu menyerap(adsorb)hingga ribuan kali lebih berat dibanding beratnya sendiri .Arang mampu menyerap zat-zat berupa logam berat ,gas ,racun atau pun bahan kimia lainnya.

Dalam Farmakope Indonesia arang aktif sudah tercantum sebagai bahan obat resmi.Dan pada abad 19 sampai pertengahan abad  20,telah digunakan dalam dunia kedokteran ,namun sayang belakangan ini justru jarang sekali dokter yang mengenal sistem pengobatan dengan arang.

Dulu pada zaman mesir kuno arang sudah digunakan untuk pengobatan dan sekarang pun WHO telah memasukkan arang aktif sebagai essential medicine ( obat generik ).Namun sangat disayangkan masyarakat kita belum banyak yang tahu akan hal ini.

Sahabat apa sih kelebihan arang ini, mari kita tengok beberapa diantaranya :

1.Dapat membuat awet muda
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Richard C. Kaufman,Ph.D dari National Health Federation , Minessota ,AS.Arang terbukti memiliki sifat anti penuaan .Yaitu dengan menjaga sensitifitas tubuh dari bahan kimia dan racun yang merusak sel tubuh .Arang juga menyeimbangkan metabolisme lemak dan menurunkan kerja sintesin protein pemicu penuaan.

Agar awet muda dianjurkan mengkonsumsi arang aktif 30 g dengan meminumnya pda saat oerut kosong dua minggu sekali..

2. Menurunkan kolesterol dengan cepat

Arang mampu mereduksi kolesterol,dari hasil uji coba yang yang dilansir oleh Journal British Nutrition  ,sejumlah pasien yang diberikan 8g perhari mampu menurunkan kolesterol hingga 25% dari total kolesterol ,41% kolesterol jahat LDL .serta melipat gandakan rasio HDL/LDL kolesterol.

Arang meyerap penyumbat jantung dan melancarkan peredaran darah. Dan bahkan ada yang mengatakan kolesterolnya turun drastis setelah meminum bubuk arang yang direbus selama 10 hari berturut-turut

Selain itu masih sangat banyak manfaat lain dari arang ini .Bisa untuk menyembuhkan diere, mual-mual,muntah, mag ,pegal-pegal dan juga beberapa penyakit luar.

Nah dari tadi kan yang diomongin arang aktif ,bagaimana sih cara membuatnya.Cukup mudah ,setelah anda sediakan arangnya,hancurkan arang sampai halus,kalau perlu di ayak, kemudian anda masukkan oven pada suhu 150 sampai 200derajat C selama beberapa menit .Atau disngrai jika tidak punya oven.Kalau sudah tinggal anda simpan ditempat yang kedap udara,dan siap diminum.

Jika anda membutuhkan penjelasan yang lebih lengkap bisa anda kunjungi website Arang Obat Ajaib.org

Sahabat sekalian ini sedikit pengetahuan yang bisa saya bagikan kepada saudara semua,semoga bermanfaat.

Obat yang manjur belum tentu mahal ,dan yang mahal belum tentu cocok.Silahkan anda sampaikan komentar anda.

Tidak ada komentar: