Kesehatan

Kamis, 05 April 2012

Air Sumber Kehidupan dan Contoh Bagi Manusia

Sepertinya tak akan ada habisnya jika kita bicara mengenai alam semesta ini .Meskipun beberapa waktu yang lalu saya pernah menyinggung soal air dalam postingan Nikmat dari Tuhan yang terlupakan ,namun kali ini saya merasa perlu untuk sedikit membahas mengenai air ini lebih mendalam ,setidaknya menurut pemikiran saya.

Karena antara alam dan ilmu adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan ,karena dasarnya ilmu adalah alam dan alam merupakan tempat pembuktian dari segala ilmu yang ada.

Sahabat segala sesuatu yang diciptakan Tuhan dimuka bumi ini selalu mempunyai manfaat baik secara langsung ataupun sebagai suri tauladan bagi manusia . Apapun itu ,dan apapun bentuknya selalu punya nilai ,kalaupun kita tidak tahu berarti ilmu kita yang belum sampai   : )

Air secara kasat mata jelas mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia , untuk air minum,mandi ,mencuci ,memasak dan ribuan hal lain yang tak bisa kita sebut semuanya.Namun pernahkah sahabat sekalian memperhatikan bagaimana perilaku air sebagai ciptaan Tuhan ?

Ya mungkin hal ini kelihatannya sepele ,tapi jika anda mau memahaminya mungkin akan bisa lebih menghargai keberadaan air disekeliling kita..
Sering kali kita mendengar orang yang menyalahkan air ketika banjir ? dan bahkan kadang Tuhan ikut dimaki-maki . Padahal itu terjadi karena manusia tidak mau memahami air.

Untuk itu mari sedikit kita sama - sama ,melihat ,mencerna  dan memahami lalu kita laksanakan apa yang bisa kita dapat dari perilaku air ini.

1.Air selalu menempati ruang yang kosong

Apa maknanya ? Secara tak langsung Tuhan ingin mengajarkan kepada manusia agar tidak tamak , sisakan sebagian untuk yang lemah .Air kalau anda pegang begitu lembut tak pernah melawan ,tapi karena di dzolimi maka terjadilah banjir dimana-mana .Ini semua karena keserakahan manusia ,bagaimana tidak ,lokasi yang mestinya untuk tempat air hari ini ,terutama kota besar ,disulap jadi perumahan , supermarket ,mall ,pabrik dan lain-lainnya .
Yang mana semua itu hanyalah untuk mengejar ambisi manusia dalam mencari uang . Tapi sayang mereka lupa , ada bagian dari alam ini yang harus diperhatikan.

2.Air adalah benda yang sangat fleksibel

Di manapun air diletakkan ia akan menempati ruang itu dengan sempurna ,ini adalah gambaran buat kita ,bahwa kita harus bisa supel dalam bergaul .dimanapun dan dengan siapapun kita harus bisa menempatkan diri dengan baik .

3.Air dibendung seperti apapun pasti akan bisa dilalui

Dalam menjalani hidup , pasti akan banyak permasalahan yang akan kita hadapi .Dan Tuhan memberikan contoh air ini sebagai benda yang tak pernah menyerah.
Kalau dibendung ia akan naik , dan kalaupun tidak ia akan merembes melalui dasar bendungan .

4.Air yang mengalir lebih baik dari pada yang diam
Apa maksudnya ? Jika anda mempunyai harta ,maka akan lebih baik jika harta itu anda alirkan ,yaitu dengan zakat ,infaq ataupun sodaqoh ,sehingga Tuhan akan akan memberikan gantinya dengan yang lebih banyak dan lebih bersih.
Bagaimana kalau anda diamkan , seperti air yang diam lama-lama akan jadi kotor ,dan akan membawa keburukan ,mungkin jadi rebutan oleh ahli waris

5.Sirkulasi air adalah gambaran sempurna untuk sistem pengelolaan uang dalam sebuah negara.Silahkan anda amati bagaimana air berputar dari gunung turun sampai laut , menguap,jadi awan kemudian kembali lagi kebumi ,begitu seterusnya.
Tapi  untuk yang satu ini tidak akan saya bahas disini.

Sahabat ,ini hanyalah sebagian hal , pelajaran yang bisa kita ambil hikmahnya. Dan tentu masih sangat banyak lagi manfaat dan pelajaran lainnya.
Mudah-mudahan apa yang saya sampaikan ini bisa menjadi manfaat untuk anda semua.Untuk itu mari mulai sekarang kita sama-sama bisa menghargai air disekeliling kita , jangan kotori dengan sampah , berikan ruang gerak supaya tak terjadi bencana . Saya yakin jika air di seluruh kota di Indonesia ini jernih , semua akan senang dan mendapat banyak manfaat darinya.

Tidak ada komentar: