Kesehatan

Jumat, 13 April 2012

Hakikat Sabar

  Sahabat,menjalani liku-liku kehidupan di zaman sekarang ini memang bukan suatu hal yang mudah.Banyak sekali cobaan dan rintangan yang akan kita alami dalam mencapai tujuan hidup,namun itulah seninya kehidupan .Dengan semakin banyaknya rintangan yang kita hadapi maka hidup akan semakin terasa punya arti, karena dibalik itu semua ,Tuhan selalu memberikan nilai lebih dalam hidup kita dimasa mendatang .

   Memang sering kali kita melihat dan mendengar berita yang kurang sedap adanya orang - orang yang mencoba bunuh diri karena tak kuasa menerima cobaan yang ia alami .Ya , karena sebuah keputus asaan .Sangat disayangkan .Itulah hidup ,Tuhan membuat isi dunia ini dengan komplit.

   Namun hal seperti itu tidak akan terjadi jika kita bisa bersabar dalam menjalaninya .Karena orang yang sabar  akan menjalani hidupnya dengan penuh semangat ,tak kenal lelah dan tak pernah putus asa .

   Sabar ,sebuah kata yang sangat ringan untuk di ucapkan , tapi tahukah anda apa sebenarnya sabar itu ? Sering kali orang menganggap sabar hanyalah sebagai bentuk rasa pasrah pada nasib , tanpa melakukan usaha yang maksimal .

   Setelah sebelumnya saya sampaikan mengenai nikmat Tuhan yang terlupakan dan sifat air , maka kali ini saya akan sedikit menyampaikan mengenai hakikat sabar .

   Sabar berasal dari bahasa arab yaitu "shabara " yang kemudian menjadi infinitif "shabran " .Secara bahasa sabar berarti menahan dan mencegah .Sedangkan secara istilah sabar adalah menahan diri dari sifat gundah dan emosi , menahan lisan dari keluh kesah ,serta menahan tubuh dari perbuatan yang tak bermanfaat.

 Di dalam kitab Al - Qur'an kata sabar sering disebut hingga kurang lebih 103 kali baik dalam bentuk isim maupun fiil , artinya sabar begitu penting dalam hidup ,hingga Tuhan begitu memperhatikan akan hal ini .

   Q.s. Ali Imron ayat 146 yang artinya ;" .....mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka dijalan Allah dan tidak lesu dan tidak menyerah .Allah menyukai orang-orang yang sabar ."

   Dari kutipan ayat tersebut tergambar dengan jelas bagaimana semestinya orang yang sabar

1. Kuat / tidak lemah jiwanya
Orang yang sabar akan menjalani semua cobaan yang ia hadapi dengan tabah ,kuat lahir dan batin .Dengan penuh semangat menjalani hidupnya dan mampu menatap masa depan dengan pandangan yang selalu positif ,sehingga apapun yang ia hadapi menjadi ringan karena mampu mengeluarkan segenap daya dan upaya untuk mendapatkan apa yang dicita-citakannya .

2.Tidak lesu 
Lesu fisik maupun jiwa seseorang biasanya merupakan efek dari kebiasaan rasa mangkel ,ngedumel ,grundel dan kawan-kawannya ,sehingga setiap menerima kesulitan yang ada rasa malas .Kalau sudah malas maka badan yang sehat pun akan menjadi letih dan lesu tanpa daya .

3.Pantang Menyerah 
Orang yang sabar tidak pernah mengenal kata menyerah .Karena ia yakin setiap masalah selalu ada jalan keluar , sehingga apapun yang terjadi akan dihadapinya dengan penuh semangat . Menyerah pada keadaan hanyalah untuk orang yang pengecut saja .dan takut menghadapi kenyataan hidup .

  Jadi sabar bukanlah pasrah pada keadaan ,atau " nerimo ing pandum " .Karena sejatinya bentuk kesabaran adalah dengan kerja keras penuh semangat dalam menjalani liku-liku hidupnya .
  Sabar adalah sebuah kekuatan jiwa yang akan melahirkan sebuah energi luar biasa bagi siapapun yang memilikinya . Boleh anda lihat bagaimana orang - orang zaman dahulu bertapa berhari-hari demi apa yang ia inginkan , tanpa rasa sabar tidak akan bisa .

   Dengan kesabaran kita akan dekat dengan Tuhan , karena dengan rasa sabar orang akan menjauhi perbuatan-perbuatan dosa .Sebagai contoh jika seseorang sedang kelaparan , jika tak sabar mungkin ia akan mencuri demi perutnya ,tapi karena sabar maka pasti memilih bekerja walaupun hasilnya sedikit.

  Itulah hakikat dari sabar , yang di sukai oleh Tuhan."Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar"

Sahabat semua ,semoga apa yang saya sampaikan ini bisa manfaat untuk kita semua .Silahkan anda berikan komentarnya .

Tidak ada komentar: