Kesehatan

Minggu, 22 April 2012

Mengobati Keseleo

Sahabat pernahkah anda mengalami keseleo ? Mungkin hampir semua orang pernah mengalaminya ,hanya saja ada yang ringan ada yang parah. Keseleo sering terjadi pada saat beraktifitas sehari-hari maupun waktu berolahraga , seperti main sepak bola dan lain-lain .

Apa sih sebenarnya keseleo itu ?
Keseleo atau terkilir merupakan peregangan ( strain ) dan atau robekan ( sprain )pada otot tendon ( jaringan yang menghubungkan otot dengan tulang ) atau ligamen ( jaringan yang menghubungkan tulang dengan tulang lainnya ) .

Otot yang mengalami keseleo biasanya akan membengkak , memar ,memerah dan terasa sakit sekali .Dan bahkan sulit digerakkan .Keseleo paling sering terjadi pada kaki dan lengan kita , hal ini terjadi biasanya karena kurangnya pemanasan dan peregangan saat mulai beraktifitas dan berolahraga .Maka alangkah baiknya setiap pagi sebelum anda beraktifitas lakukanlah senam untuk pemanasan maupun peregangan.

Sahabat ,ketika anda mengalami keseleo , apa yang anda pikirkan pertama ? Kebanyakan pasti akan berpikir untuk segera di urut , betul gak ? Padahal cara ini tidak benar ,karena dikhawatirkan akan memperparah luka yang terjadi pada tempat yang keseleo , jika terjadi robekan bisa jadi akan semakin lebar dan makin lama masa penymbuhannya.

Lalu bagaimana cara yang benar untuk menangani hal ini ? Ada sebuah metode yang mungkin belum banyak yang tahu yaitu metode RICE (rest,ice,compress,elevation) ,empat tahap dalam penanganan awal ketika keseleo .

1.Rest ( istirahat )

Sangat dianjurkan setelah mengalami keseleo untuk segera beristirahat ,terutama mengistirahatkan bagian yang sakit dari aktifitas .Sebaiknya dilakukan selama 2 hari pertama , karena pada 48 jam pertama adalah masa kritis .

2.Ice (es )

Yaitu dengan mengompres dengan es atau apapun yang dingin pada bagian yang cedera selama 20 menit , sebanyak 3 sampai 4 kali sehari ,dalam dua hari pertama .Sebaiknya dilakukan sesegera mungkin ,sebelum terlanjur bengkak ,karena dengan didinginkan bertujuan agar pembengkakan bisa di minimal kan .

3. Compress ( kompresi / tekan )

Lakukan penekanan pada bagian yang cedera dengan menggunakan perban , ikat yang rapi tapi jangan terlalu kuat supaya tetap nyaman dan tidak menambah rasa sakit .

4. Elevation 

Yaitu membuat posisi yang cedera menjadi lebih tinggi dari jantung , Bisa anda angkat bagian yang cedera dengan menggunakan bantal atau apapun yang bisa anda gunakan , sehingga rasa sakit dan bengkak bisa berkurang .


Lakukanlah proses diatas setidaknya selama 2 hari  , dan setelah itu baru bisa mendapatkan terapi lain seperti fisioterapi maupun di urut.

Nah sahabat ,mudah -mudahan apa yang saya sampaikan bermanfaat dan bisa anda sampaikan kepada yang lain .
Silahkan anda baca juga tip kesehatan yang lain tentang manfaat arang untuk kesehatan .

Tidak ada komentar: