Kesehatan

Kamis, 09 Februari 2012

Berhenti Merokok

Apakah anda seorang perokok ?
Bagi anda yang suka merokok apalagi sudah kecanduan ,mungkin rokok itu terasa sangat nikmat ,begitu kan ?
Setangah hari saja tidak merokok sudh kelimpungan ,sampai sampai kalau yang gak punya duit mending hutang dulu di warung tetangga ...dan katanya lebih sik merokok ketimbang makan ,walah-walah....kok gitu ya...
Padahal rokok itu berbahaya buat yang merokok maupun orang - orang disekitarnya yang ikut menghisap asap nya tanpa sengaja. Kasihan kan ,elu yang ngrokok temen lu ikutan bengek ?!
Yah masalah bahaya merokok sebenarnya bukan suatu yang rahasia ,dan para perokokpun sudah tahu itu ,apalagi ditiap bungkus rokok selalu dicantumkan tentang hal itu.
Tapi disini saya tidak akan membahas itu ,saya hanya ingin menyampaikan pengalaman dari sahabat-sahabat dekat saya yang dulunya perokok berat dan kini sudah berhenti total.
Mungkin ada diantara anda semua yang sebenarnya ingin berhenti merokok ,tapi selalu gagal.Berhenti satu atau dua bulan terus kambuh lagi... : )
Itu hal yang wajar ,namanya juga usaha.

Sebenarnya berhenti merokok itu mudah ,tinggal bagamana anda membuat sebuah sikap saja.Dan semua akan selesai. Adik sepupu saya dan beberapa teman saya dulu adalah perokok berat ,sehari bisa habis 3 bungkus.Hingga kemudian mereka masuk komunitas yang anti rokok. Sehingga syaratnya jelas mereka harus tidak merokok.
Dan dengan NIAT yang tulus mereka mengucapkan keinginan mereka untuk berhenti merokok.Awalnya memang berat kadang sembunyi-sembunyi untuk sekedar menghabiskan 1 atau 2 batang ,namun lama kelamaan karena sering ditegor ahirnya malu juga dan hal inilah sebenarnya yang kemudian membuat mereka bisa berhenti merokok ,yaitu adanya RASA MALU untuk merokok.

Jadi intinya ,untuk bisa berhenti merokok itu adalah :
1.NIAT
   Dengan niat yang bulat untuk berhenti merokok ikrarkan pada Tuhan bahwa anda ingin berhenti merokok
2.Ucapkan
   Ucapkan nat anda itu kepada seluruh kawan kawan anda dan minta kepada mereka untuk selalu mengingatkan bahwa anda ingin berhenti merokok
3.Rubah 
   Rubah lah kebiasaan anda nongkrong bareng perokok ,dan buat kesibukan baru yang lebih bermanfaat ,bisa olahraga atau beribadah

Dengan tiga hal itu saya yakin anda akan bisa berhenti merokok dengan sendirinya jika anda laksanakan.Manfaatnya banyak lho kalau bisa berhenti ,selain sehat anda bisa berhemat ya kan .
   

Tidak ada komentar: