Kesehatan

Sabtu, 21 Januari 2012

E.coli lawan Kecoa

Kalau ngomong soal Kecoa , tentu orang akan langsungsung berpikir tentang binatang yang menggelikan , betul tidak

Ya betul sekali ,binatang yang satu ini memang menggelikan buat kebanyakan orang ,karena memang biasa hidup di tempat-tempat kotor dan berbau.  :  (

Tapi tahukah anda bahwa ternyata kecoa punya manfaat yang besar dalam dunia kedokteran ?Ya mungkin belum banyak yang tahu untuk hal ini.Patut kita syukuri bahwa dibalik image yang terlanjur dianggap menjijikkan oleh kebanyakan manusia ternyata Kecoa mampu untuk memerangi dua jenis bakteri super ?

Apa itu ? Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Simon Lee dari Universitas Nortingham , Inggris , kecoa dan belalang mengandung molekul antibiotik yang kuat pada otak mereka , yang dapat digunakan untuk mengembangkan pengobatan baru melawan MRSA ( Methicillin - resistant Staphylococcus Aureseus ) dan bakteri E.coli ( Escherichia coli )

MRSA adalah bakteri yang sudah kebal terhadap antibiotik.Di banyak negara bakteri yang satu ini telah menjadi penyebab kematian .Di Amerika Serikat 50 % dari penderita infeksi yang ada di seluruh rumah sakitnya disebabkan oleh bakteri ini. Dan disejumlah negara Eropa tiap tahun sekitar 20000 orang meninggal dan 10% nya juga disebabkan bakteri ini .

Dalam penelitian mengenai kecoa dan belalang ,para ilmuwan telah mengidentifikasi ada sembilan molekul berbeda yang berpotensi untuk menjadi racun terhadap bakteri -bakteri super ini.Dan ada harapan akan menjadi jalan bagi pengobatan baru untuk berbagai obat yang kebal terhadap infeksi bakteri.

Dari hasil penelitian tersebut ,jaringan otak dan sistem saraf serangga dapat membunuh lebih dari 90% bakteri E.coli dan MRSA .tanpa merugikan sel-sel manusia.

Wah ternyata kecoa yang selama ini dibenci punya manfaat yang begitu besar , begitulah karunia Tuhan dengan ciptaanNya.

Jadi masih takut sama Kecoa ......

Oke ini saja postingan kali ini semoga bermanfaat buat yang mau membacanya .
Dan untuk masalah kesehatan bisa anda baca di Tip Kesehatan



Tidak ada komentar: